Universitas Bina Bangsa

TECHNOPRENEUR UNIVERSITY

KKM Uniba Diminta Edukasi Pencegahan Covid-19

KKM Uniba Diminta Edukasi Pencegahan Covid-19

Keterangan Gambar : Uniba logo baru


Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Bina Bangsa (Uniba) diminta untuk mengedukasi pencegahan Corona virus disease (Covid-19) di lima kecamatan di Kabupten Serang. Pencegahan penyebaran Covid-19 merupakan hal yang harus dipahami masyarakat, agar dapat membantu menekan penularan.

Baca Lainnya :

Hal tersebut diungkapkan Koordinator KKM Uniba di Kecamatan Binuang Budi Ilham Maliki, Selasa (21/7/2020).

"Di masa pandemi pentingnya mengedukasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat, seperti menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Selalu menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum makan," kata Budi kepada Kabar Banten.

Ia menuturkan, mahasiswa dapat melakukan kegiatan selama KKM dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pada KKM tersebut, mahasiswa disarankan untuk membuat masker, tempat mencuci tangan atau membuat poster untuk memberikan informasi mengenai pencegahan penyebaran Covid-19.

"Mahasiswa dapat membuat video edukatif terkait pencegahan Covid-19. Kemudian membuat tempat cuci tangan yang bisa digunakan masyarakat sebelum beraktivitas dan sesudah aktivitas. Program KKM yang dijalankan harus mengikuti protokol kesehatan, agar meminimalisasi terjadinya risiko peneluran kepada mahasiswa sendiri," tuturnya.

Hal senanda juga diungkapkan Camat Binuang Syafrudin mengajak peran mahasiswa dalam pencegahan Covid-19 dimana ada 5 desa yang menjadi wilayah KKM Uniba di antaranya Desa Binuang, Warakas, Lamaran, Gembor dan Cakung. Untuk memudahkan Asimilasi KKM yakni komunikasi, koordinasi dan kebersamaan.

Ia berharap kegiatan yang dilakukan mahasiswa dapat bersinergi dengan perguruan tinggi, hingga masyarakat dapat memerangi virus corona.

"Mahasiswa dapat memberikan pemahaman terkait Covid-19 mulai dari bahaya, cara pencegahan, cara penanganan, dan bagaimana masyarakat harus bersikap terhadap warga yang terpapar Covid-19. Itu bisa diberikan agar mereka juga bisa lebih mewaspadai penyebaran dan bisa melakukan pencegahan," ujarnya.

Ketua Kelompok Desa Binuang KKM Uniba Ade Ismatullah mengatakan, KKM merupakan ajang mengedukasi masyarakat. Walaupun kegiatan KKM tersebut terbatas, namun tetap harus bisa dijalankan. Hal itu agar kegiatan yang dilakukan bisa tersampaikan kepada masyarakat, seperti mengedukasi pencegahan Covid-19.

"Ini menjadi tantangan kami dalam menjalankan KKM namun kami tetap semangat memberikan edukasi, tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menggunakan masker. Kami berharap kegiatan yang dijalankan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat nantinya," katanya. (Denis Asria/Yandri Adiyanda)*

Sumber: Kabar Banten https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-59651120/kkm-uniba-diminta-edukasi-pencegahan-covid19